Jumat, 01 Juni 2012

3 Soundtrack Game Keren yang Dapat Acungan Jempol


1. “Machinarium” Soundtrack – Tomáš Dvořák/Floex
Bayangkan suara besi berkarat yang berusaha bergerak dengan lemas dan enggan. Ya, seperti itulah nuansa atmosfir soundtrack game “Machinarium” karya Amanita Design – sebuah petualangan teka-teki menantang menampilkan seekor robot kecil di kota logam yang kelam dan sunyi. Nuansa murung ini didukung dengan sempurna oleh musik yang ditulis oleh Tomáš Dvořák (aka Floex).
Hasil karya kolaborasi mereka mencetak penghargaan prestisius. “Machinarium” mendapat pengakuan “Excellence in Visual Art” di 12th Annual Independent Games Festival dan “Best Soundtrack” dari majalah PC Gamer pada tahun 2009, disamping berbagai penghargaan-penghargaan lainnya.

“Machinarium” trailer: http://youtu.be/uwZBdWRSBRs 
Semua track memiliki tempatnya masing-masing dalam game. Namun, ada beberapa track rekomendasi yang lebih bersinar. Track “The Sea” memberikan nuansa pembuka yang megah sekaligus merendahkan hati; “Clockwise Operetta”, menghadirkan rasa humor dengan suara robot untuk meniru penyanyi opera klasik; dan “Pipe Wrench Dubstep”, bonus track yang bisa didengar ketika pemain berhasil membantu seekor robot lainnya mengganti radionya yang dicuri.
Kamu bisa mendengarkan keseluruhan album “Machinarium” Soundtrack (dan juga download gratis bonus EP-nya) di: http://store.floex.cz/album/machinarium-soundtrack
2. “To The Moon” Soundtrack – Kan R. Gao ft. Laura Shigihara
“Mereka bisa membawamu kembali, Johnny.”
Itulah kalimat pertama yang terlintas dalam trailer “To The Moon” - game indie karya Kan “Reives” Gao yang dirilis melalui Freebird Games. Sebagian besar “To The Moon” dikerjakan oleh Kan Gao sendiri – baik dari segi penulisan cerita, pembuatan game, maupun penciptaan soundtrack! Hasil dari kerja keras selama 5 tahun berhasil mendatangkan beberapa penghargaan untuk Kan Gao, termasuk diantaranya “Best Story Award” dari GameSpot Game of the Year 2011, serta nominasi untuk “Best Music” dan “Song of the Year” di acara penghargaan yang sama.
Tokoh utama dalam cerita ini adalah Eva Rosalene dan Neil Watts, dua dokter yang bertugas untuk “menyelamatkan” memori seorang pria tua yang sedang sekarat bernama Johnny Wyles. Dalam cerita game ini, ada teknologi yang memungkinkan kedua dokter untuk “menyelam” ke dalam memori hidup sang pasien, lalu “merubahnya” supaya sang pasien bisa menghembuskan nafas terakhir dengan kenangan terindah akan kehidupannya, yaitu untuk “pergi ke bulan”.
“To The Moon” trailer: http://youtu.be/CUVvFHyz3oc
Soundtrack “To The Moon” terdiri dari lagu-lagu instrumental piano dan biola dengan aransemen klasik yang pelan dan mendayu. Kan Gao juga berkolaborasi dengan Laura Shigihara – seorang penyanyi dan komposer musik game yang terkenal melalui karyanya untuk soundtrack “Plants VS. Zombies”. Mereka menghasilkan lagu tema “Everything's Alright” yang menjadi salah satu track paling direkomendasi dari album “To The Moon OST”.
Kamu juga bisa mendengar kedalaman cerita dan musik yang indah dari soundtrack “To The Moon” di: http://freebirdgames.bandcamp.com/album/to-the-moon-ost

3. “Mighty Switch Force” Soundtrack – Jake Kaufman/virt
Adakah gamers disini yang fans game Mega Man? Berarti kamu harus mencoba “Mighty Switch Force” - game petualangan mirip Mega Man yang dirilis Way Forward studio sebagai bagian dari series Mighty. Nuansa Mega Man sangat kental dalam laga game ini, karena karakter utama Patricia Wagon – seorang robot polisi wanita – bergerak secara side scrolling dari kiri ke kanan melompat-lompat mengatasi rintangan, menembak robot-robot monster yang menghalangi, sambil menangkap para buronan yang disebut “Hooligan Sisters”. Yang membuat game ini unik adalah kemampuan karakter utama untuk mengganti rangkaian balok-balok yang menghalangi jalannya dari transparan menjadi padat, sehingga bisa digunakan untuk memecahkan rintangan yang menghalangi.
Mighty Switch Force” trailer: http://youtu.be/SGqUKnwUCA8
Aksi Patricia Wagon memburu Hooligan Sisters dibuat lebih seru dengan musik aransemen jazz chiptune karya Jake Kaufman, yang juga dikenal dengan nama panggung virt. Meski menggunakan bebunyian yang mengingatkan akan game-game NES jaman dulu, musik karya virt tetap bercita rasa modern dan futuristik sesuai dengan latar petualangan Mighty Switch Force. Bahkan, musik dari soundtrack ini cukup seru untuk didengarkan sendiri sambil berolahraga pagi sebelum memulai kegiatan bermain game; track “Intro” cocok untuk pemanasan dan track “End Credits” cocok untuk pendinginan. Hidup gamers sehat!
Kalau kamu juga ingin berolahraga sambil mendengarkan musik game unik, kamu bisa mencobanya di: http://virt.bandcamp.com/album/mighty-switch-force-ost
sumber : kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar