Kamis, 28 Juni 2012

Positifnya Data AS Dorong Sentimen Investor

JAKARTA, KOMPAS.com -. Beberapa data perekonomian di Amerika Serikat yang diumumkan kemarin memberikan sentimen positif kepada investor. Namun, ekonomi Negeri Paman Sam masih akan belum stabil dalam waktu dekat.
Pesanan untuk durable-goods di AS pada bulan Mei naik 1,1 persen dibanding bulan sebelumnya (month on month/mom). Ini merupakan kenaikan pertama setelah sempat turun sejak Februari lalu. Penjualan untuk pending house juga naik 5,9 persen mom setelah sempat turun 5,6 persen pada bulan April lalu.

Investor juga memfaktorkan naiknya kembali harga minyak mentah ke level di atas 80 dollar AS per barrel untuk minyak jenis WTI. "Perbaikan data ini memberikan ekspektasi pelambatan ekonomi tidak seburuk yang diperkirakan semula, tetapi ekonomi AS masih belum akan stabil dalam waktu dekat karena efek ekonomi UE yang masih kontraksi," kata ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, di Jakarta, Kamis (28/6/2012).
Menurut Lana, kenaikan harga minyak mentah ditopang oleh membaiknya data-data di sektor perumahan AS. Ini sekaligus sebagai indikasi awal dari tanda-tanda perbaikan ekonomi di AS.

sumber : kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar